9 Makanan Untuk Mempertahankan Stamina Pemain Sepakbola

Pasti kita sering menonton permainan sepakbola dan terkagum-kagum kenapa para pemain sepakbola ini bisa bermain selama 90 menit di lapangan, mereka tampak cepat dan tidak gampang lelah. Tentunya hal ini didukung dengan latihan yang tepat dan rutin, ditambah dengan gaya hidup sehat, dan asupan nutrisi sesuai dengan kebutuhan.

gameiro-recorte-efe_opt-600x330

Berikut ini daftar makanan penunjang penampilan fisik dan stamina prima bagi pemain sepak bola profesional.

1. Steak Daging
Makanan ini berfungsi untuk meningkatkan pemulihan dan tenaga. Lima zat pendongkrak kinerja: kreatin, arginin, glutamin, zat besi, dan vitamin B12 yang terdapat pada daging rusa, daging sapi. Lima elemen penting ini berpadu untuk meningkatkan daya ledak dan membuat anda mampu melalui kerja berat. Menu ini tepat disantap seusai latihan untuk memaksimalkan pemulihan di antara sesi-sesi latihan.

2. Ikan Mackerel
Asam lemak dalam ikan berminyak ini membantu pembentukan hormon yang mendukung metabolisme otot (tingkat pembakaran lemak oleh otot-otot anda saat beristirahat), sistem kekebalan serta menstabilkan suasana hati anda. Paling bagus dimakan setelah latihan: menyantapnya sebelum berlatih justru akan mengacaukan perut anda.

3. Brokoli
Vitamin A meningkatkan kualitas penglihatan karena mendongkrak kemampuan kerja retina, sementara vitamin C dan glutation mempercepat pemulihan. Tambahan brokoli dalam makanan pasca latihan anda untuk memaksimalkan penyerapan vitamin A. Ibarat pemain sepakbola yang membagi bola tepat ke sasaran yang jaraknya jauh.

4. Bayam
Sayuran ini mengandung kalsium, zat besi, dan klorofil, sehingga melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu, ketahanan kardiovaskuler pun jauh lebih baik, rahasia atlet sepak bola yang bisa berlari selama 90 menit. Tambahkan bayam pada makan siang berkarbohidrat tinggi agar tubuh bisa melepaskan glukosa secara perlahan ke dalam darah.

5. Jus Buah
Nitrat dalam jus akan membuat otot-otot anda bekerja melampaui tuntutan dengan meningkatkan aliran darah dan penyebaran bahan bakar tubuh. Zat ini juga akan membantu otot-otot anda membuang kalori yang berlebih. Buah yang sesuai yaitu pepaya, starawberry untuk vitamin A, pisang, jeruk. Untuk melengkapi vitamin D dapat ditambahkan susu. Ibaratkan pemain sepakbola yang kuat berlari karena dukungan otot kaki, kesegaran tubuh dan tulang yang kuat.

6. Teh Hijau
Kafein dalam teh hijau membantu meningkatkan fokus di lapangan dan mendukung pembakaran lemak dalam latihan. Ini akan membuat anda berkonsentrasi di lapangan. Zat ini juga bisa melebarkan arteri, sehingga akan lebih banyak darah beroksigen yang bisa diedarkan ke seluruh tubuh, sehingga meningkatkan stamina, setelah pemain berlatih biasanya meminum teh hijau untuk jam santai. Ibaratkan pemain sepakbola yang membagi bola kepada temannya dengan tepat dan cepat.

7. Susu dan Yogurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Ibaratkan pemain sepakbola yang jika kehabisan tenaga, tetapi otak tetap memberikan perintah kepada tubuh dengan maksimal.

8. Telur
Telur dikenal sebagai sumber penting protein, Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat. ibaratkan pemain sepakbola yang selalu ingat posisi temannya pada saat ingin menyerang atau bertahan.

9. Permen Karet
Fungsinya untuk menstabilkan hati, dan melancarkan peredaran darah di otak, dengan adanya aktifitas mengunyah kemungkinan strategi dan ke tenangan hati akan diperoleh. Dapatkan berita bola lainnya di http://bimbampersians.com/, portal berita bola terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *